8 Makanan Khas Lombok Yang Harus Dicicipi

Lombok tidak hanya terkelan dengan destinasi wisatanya yang indah. Pulau ini juga terkenal dengan Makanan Khas yang populer, bagi pecinta kuliner Lombok merupakan tempat yang cocok untuk di kunjungi. Berikut adalah 8 Makanan Khas Lombok Yang Harus Dicicipi.

 

1. Nasi Balap Puyung

Secara tampilan, menu Nasi Balap Puyung ini tidak terlalu istimewa. Hanya berisi suwiran daging ayam yang di olah bersama cabai, kacang kedelai, taburan udang kering, abon serta belut goreng. Kekuatan makanan ini terletak dari rasa pedas bumbunya yang sederhana.

2.  Bebalung

Makanan Khas Lombok ini dalam bahasa Sasak berarti "tenaga". Bebalung terbuat dari tulang iga sapi atau kerbau yang di campur dengan racikan bumbu yang terdiri cabe rawit, bawang putih, bawang merah, lengkuas, dan kunyit ditambah jahe agar rasa pedas cabenya memilik khas tersendiri.

3. Sate Bulayak

Bulayak adalah sejenis lontong atau tupat yang di bungkus dengan daun aren atau daun enau dengan bentuk memanjang seperti spiral, sehingga untuk membukanya harus dengan gerakan memutar. Dalam bahasa Sasak "Bulayak" memang berarti "Lontong" Bagi beberapa orang, rasa Bulayak jauh lebih lembut dan gurih ketimbang lontong maupun ketupat. Makanan ini biasanya disajikan dengan Sate.

4. Ayam Taliwang

Sebagai makanan khas Lombok, ayam taliwang menyimpan sejarah yang panjang. Masakan ini pertama kalinya di perkenalkan oleh juru masak Sultan Sumbawa yang di tempatkan di Lombok pada jaman Raja Karangasem. Masakan Ayam Taliwang memang bisa anda temui di sebagian kota besar di Indonesia, seperti halnya masakan Padang. Namuh tahukah anda bahwa untuk membuat ayam taliwang yang enak terdapat dari kelezatan bumbunya. Itu mengapa Ayam Taliwang  yang anda cicipi di Lombok selalu terasa lebih enak di bandingkan di daerah lain.

5. Sate Rembiga

Sejarah Sate Rembiga ternyata sudah dimulai sejak jaman kerajaan. Adalah seorang keluarga Raja Pejanggik yang tinggal di Rembiga dan sangat ahli membuat sate. Secara turun temurun keahlian itu diajarkan ke generasi penerusnya hingga sekarang. Kini keahlian meracik Sate Rembiga tidak hanya masalah keahlian yang turun temurun namun sudah menjadi usaha yang mengangkat perekonomian warga Rembiga dan Mataram.

6. Plecing Kangkung

Masakan khas Lombok barat ini biasanya di sajikan dengan Ayam Taliwang. Kangkung yang digunakan untuk memasak Plecing ini juga sangat khas. Tidak seperti tanaman kangkung yang biasa tumbuh di Pulau Jawa, kangkung khas Lombok ini berupa kangkung air yang biasanya ditanam di sungai yang mengalir dengan metode tertentu sehingga menghasilkan kangkung dengan batang yang besar dan renyah. Kangkung di daerah ini memang sangat terkenal, teksturnya lembut sehingga tidak terasa alot walaupun kita makan hingga ke batangnya. Tak heran jika kangkung Lombok menjadi alternatif oleh-oleh khas Nusa Tenggara Barat.

7. Beberuk Terong

Terong banyak disepelekan sebagai sayur yang tak mampu memberikan cita rasa yang lezat. Tapi di Lombok, terong bisa jadi primadona. Beberuk adalah lalapan khas Lombok, Nusa Tenggara Barat yang bahan dasarnya adalah irisan terong dan kacang panjang yang disiram sambal tomat.

8. Sate Tanjung

Sate Tanjung adalah kuliner khas Lombok yang unik. Jika biasanya kita makan sate dari daging sapi, ayam atau kambing tetapi sate khas Desa Tanjung, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat ini menggunakan ikan. Rasanya? Jangan ditanya, gurih dan pedas. Awalnya, sate ini merupakan makanan yang disajikan pada acara keagamaan maupun hajatan perkawinan. Namun seiring dengan populernya kelezatan Sate Tanjung, makanan ini menjadi sajian kuliner yang bisa kita nikmati sehari-hari. Tidak itu saja, pemerintah setempat bahkan sudah menetapkan Sate Tanjung sebagai makanan khas Lombok Utara dan menjadi bagian dari kekayaan wisata.

Sosial Media :