8 Makanan Khas Lombok Yang Harus Dicicipi

Lombok tidak hanya terkelan dengan destinasi wisatanya yang indah. Pulau ini juga terkenal dengan Makanan Khas yang populer, bagi pecinta kuliner Lombok merupakan tempat yang cocok untuk di kunjungi. Berikut adalah 8 Makanan Khas Lombok Yang Harus Dicicipi.

 

1. Nasi Balap Puyung

Secara tampilan, menu Nasi Balap Puyung ini tidak terlalu istimewa. Hanya berisi suwiran daging ayam yang di olah bersama cabai, kacang kedelai, taburan udang kering, abon serta belut goreng. Kekuatan makanan ini terletak dari rasa pedas bumbunya yang sederhana.

Nasi Puyung berasal dari Kabupaten Lombok Tengah, tepatnya di Desa Puyung. Pertamakali diperkenalkan oleh Inaq Esun (Inaq dalam bahasa Sasak = Ibu). Yang menjadi pembeda adalah sambal khas puyung yang disajikan dengan potongan ayam & sayur lainnya. Jika ke Lombok, tidak ada salahnya makanan ini dicoba.

Paket Wisata Lombok 2017

2.  Bebalung

Makanan Khas Lombok yang bernama Bebalung, dalam bahasa Sasak berarti "tenaga". Bebalung terbuat dari tulang iga sapi atau kerbau yang di campur dengan racikan bumbu yang terdiri cabe rawit, bawang putih, bawang merah, lengkuas, dan kunyit ditambah jahe agar rasa pedas cabenya memilik khas tersendiri.

Ini merupakan makanan khas Lombok yang wajib dicoba untuk traveller yang berkunjung ke Pulau Lombok. Rasa kuahnya sungguh berbeda, di karenakan terdapat bumbu spesial ala Bebalung yang tidak dapat dijumpai pada makanan khas lainnya.

Paket Wisata Lombok

3. Sate Bulayak

Bulayak adalah sejenis lontong atau tupat yang di bungkus dengan daun aren atau daun enau dengan bentuk memanjang seperti spiral, sehingga untuk membukanya harus dengan gerakan memutar. Dalam bahasa Sasak "Bulayak" memang berarti "Lontong" Bagi beberapa orang, rasa Bulayak jauh lebih lembut dan gurih ketimbang lontong maupun ketupat. Makanan ini biasanya disajikan dengan Sate.

Tempat dimana Sate Bulayak ini diperkenalkan, adalah di area Narmada, yaitu sebuah tempat di Kabupaten Lombok Barat atau sekitar 15 20 menit dari Kota Mataram. Di Lokasi ini juga terdapat Taman Narmada yang dikenal dengan air awet mudanya. Ada beberapa tempat yang direkomendasi apabila anda ingin mencicipi Sate Bulayak ini. Biasanya warga Mataram dapat mengunjungi Hutan Suranadi (hutan alam), Pantai Senggigi, Narmada, Taman Udayana di Kota Mataram, Pantai Ampenan, dll. Disana banyak sekali penjual sate bulayak yg tentunya akan menawarkan salah satu makanan khas Lombok ini.

Nah jika anda tertarik, tentunya anda dapat datang ke Pulau Lombok.

Paket Tour Lombok

4. Ayam Taliwang

Sebagai makanan khas Lombok, ayam taliwang menyimpan sejarah yang panjang. Masakan ini pertama kalinya di perkenalkan oleh juru masak Sultan Sumbawa yang di tempatkan di Lombok pada jaman Raja Karangasem. Masakan Ayam Taliwang memang bisa anda temui di sebagian kota besar di Indonesia, seperti halnya masakan Padang. Namuh tahukah anda bahwa untuk membuat ayam taliwang yang enak terdapat dari kelezatan bumbunya. Itu mengapa Ayam Taliwang  yang anda cicipi di Lombok selalu terasa lebih enak di bandingkan di daerah lain.

Ada satu tempat di Mataram yang dikenal dengan nama Karang Taliwang. Tempat ini diberi nama demikian, dikarenakan disanalah tempat pertama Ayam Taliwang di kembangkan di Pulau Lombok. Untuk restaurant pertama, terdapat di seputarannya. Namun kini seiring dengan perkembangan kota, Ayam Taliwang ini dapat anda jumpai di berbagai penjuru Kota Mataram, bahkan di seluruh Pulau Lombok sekalipun dari kelas kaki lima sampai dengan kelas bintang lima.

Jika di Jawa terdapat lalapan (sayur) sebagai menu pendamping, maka di sini Ayam Taliwang juga memiliki Pelecing kangkung sebagai lalapannya.

Paket Tour Lombok 2017

5. Sate Rembiga

Sejarah Sate Rembiga ternyata sudah dimulai sejak jaman kerajaan. Adalah seorang keluarga Raja Pejanggik yang tinggal di Rembiga dan sangat ahli membuat sate. Secara turun temurun keahlian itu diajarkan ke generasi penerusnya hingga sekarang. Kini keahlian meracik Sate Rembiga tidak hanya masalah keahlian yang turun temurun namun sudah menjadi usaha yang mengangkat perekonomian warga Rembiga dan Mataram.

Makanan Sate Rembiga ini terbuat daging sapi yang empuk dan dengan citarasanya yang khas. Aroma harumnya dapat menggoda lidah apabila traveler berkunjung ke Lombok. Sebaiknya sate ini disajikan hangat hangat selagi baru selesai diampet / dikipas. Untuk menuju ke Sate Rembiga, lokasi ini terdapat di Kota Mataram bagian utara.

Biasanya sate ini disajikan dalam piring yang beralaskan daun pisang yang tentu dapat menambah selera makan. Satenya berwarna kemerahan ditambah dengan aroma asap yang merupakan hasil kipas dari pembuatnya. Sungguh disayangkan apabila tidak mencicipi sate khas lombok ini.

Sate rembiga ini biasanya dipadukan dengan Lontong.

Paket ke Lombok 2017

6. Plecing Kangkung

Masakan khas Lombok barat ini biasanya di sajikan dengan Ayam Taliwang. Kangkung yang digunakan untuk memasak Plecing ini juga sangat khas. Tidak seperti tanaman kangkung yang biasa tumbuh di Pulau Jawa, kangkung khas Lombok ini berupa kangkung air yang biasanya ditanam di sungai yang mengalir dengan metode tertentu sehingga menghasilkan kangkung dengan batang yang besar dan renyah. Kangkung di daerah ini memang sangat terkenal, teksturnya lembut sehingga tidak terasa alot walaupun kita makan hingga ke batangnya. Tak heran jika kangkung Lombok menjadi alternatif oleh-oleh khas Nusa Tenggara Barat.

Kangkung akan dicampur dengan kecambah / tauge yang telah direbus setengah matang, kemudian dicampur dengan parutan kelapa & sambal terasi yang telah di ulek. Tingkat kepedasannya bervariasi tergantung dari jumlah cabai yang digunakan. Biasanya pelecing kangkung dipadukan dengan nikmatnya Ayam Taliwang.

Traveller wajib mencoba menu satu ini apabila ke Lombok, terutama bagi pecinta pedas.

Paket ke Liburan Lombok

7. Beberuk Terong

Terong banyak disepelekan sebagai sayur yang kurang mampu memberikan cita rasa yang lezat. Tapi di Lombok, terong bisa jadi primadona. Beberuk adalah lalapan khas Lombok, Nusa Tenggara Barat yang bahan dasarnya adalah irisan terong dan kacang panjang yang disiram sambal tomat.

Rasanya pun sangat unik, seperti asin manis dan pedas. Terong dan irisan kacang panjang yang mentah dicampur dengan sambal tomat tentu menambah selera dalam makan makanan utama seperti Ayam Taliwang.

Paket Liburan ke Lombok 2017

8. Sate Tanjung

Sate Tanjung adalah kuliner khas Lombok yang unik. Jika biasanya kita makan sate dari daging sapi, ayam atau kambing tetapi sate khas Desa Tanjung, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat ini menggunakan ikan. Rasanya? Jangan ditanya, gurih dan pedas. Awalnya, sate ini merupakan makanan yang disajikan pada acara keagamaan maupun hajatan perkawinan. Namun seiring dengan populernya kelezatan Sate Tanjung, makanan ini menjadi sajian kuliner yang bisa kita nikmati sehari-hari. Tidak itu saja, pemerintah setempat bahkan sudah menetapkan Sate Tanjung sebagai makanan khas Lombok Utara dan menjadi bagian dari kekayaan wisata.

Sate Tanjung ini biasanya mudah kita jumpai di sepanjang jalan di Kota Tanjung yang merupakan ibukota Kabupaten Lombok Utara. Terutama pada siang sampai sore, kita banyak menjumpai pedagang Sate Tanjung ini. Bahan utama untuk membuat sate ini adalah ikan, rempah-rempah dan bahan lainnya. Setelah diolah, maka akan dililitkan di kayu / stik sate, dan kemudian dibakar hingga matang. Untuk mengkonsumsi sate ini, sebaiknya pada saat panas atau hangat. Tentunya citarasa manis & pedas akan membuat lidah traveller akan tergoda untuk mencicipi kelezatan dari sate khas Lombok ini.

Jadi apabila ke Lombok, jangan lupa untuk mencoba yang namanya Sate Tanjung ini.

Paket Liburan ke Lombok 2017

 

Kunjungi Media Sosial Kami:
Facebook
Google Plus
Twitter

 

Sosial Media :