Bukit Selong di Balik Desa Sembalun Lombok

Bukit Selong di Balik Desa Sembalun Lombok

 

Pulau Lombok adalah salah satu dari sekian banyak pulau cantik yang tersebar di seluruh Indonesia. Sebuah pulau eksotis yang terletak di tengah – tengah dari Negara kita, sehingga sangat menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan dari seluruh penjuru negeri ini.

Apabila kita mendengar tentang Pulau Lombok, maka yang kemungkinan yang terlintas di benak kita adalah tentang keindahan pantainya, hangatnya udara, hamparan sawah yang hijau, dll. Namun kali ini tentu tidak membahas tentang hal tersebut.

Di Lombok banyak terdapat kawasan pegunungan yang tinggi, dimana salah satu yang terkenal adalah Desa Sembalun. Desa ini berlokasi di Kabupaten Lombok Timur yang memiliki ketinggian sekitar 2000 mdpl (meter dari permukaan laut).

Salah satu objek wisata kekinian yang harus dikunjungi apabila ke Desa Sembalun ini adalah Bukit Selong. Bukit ini cocok sekali dijadikan tempat untuk melakukan aktivitas fotografi dan untuk membuat video blog (vlog) dari atas bukit.

Untuk mencapai tempat ini, wisatawan diharuskan menempuh perjalanan dari Mataram sekitar 2,5 jam (150 menit) atau 3 jam (180 menit) perjalanan. Perjalanan dari Mataram melewati Kabupaten Lombok Barat dan Lombok Tengah terlebih dahulu sebelum tiba di Kabupaten Lombok Timur. Sepanjang perjalanan, akan disuguhi dengan pemandangan hutan dan perjalanan menanjak berliku-liku.

Setelah melalui jalan panjang berliku-liku, wisatawan biasanya akan istirahat sejenak di Pusuk Pass Sembalun. Tempat ini dibuat untuk melepas lelah selama perjalanan & hitung-hitung waktu istirahat untuk meregangkan kaki selama perjalanan. Di tempat ini juga dapat mengambil foto dengan latar belakang Desa Sembalun yang indah dari atas bukit. Sungguh pemandangan yang indah dan tidak dapat diungkapkan dengan kata – kata.

Perjalanan dilanjutkan lagi dengan jalan yang menuruni bukit. Setelah itu, barulah akan mencapai wilayah Desa Sembalun. Untuk memasuki jalan ke Bukit Selong, wisatawan / traveler akan memasuki ke sebuah pedesaan yang disertai dengan pepohonan bambu sebelum tiba di Lokasi.

Setibanya di sana, wisatawan harus membayar tiket masuk terlebih dahulu di Loket. Tidak hanya itu, wisatawan juga dapat masuk ke Desa Beleq yang merupakan Desa Tradisional Suku Sasak yang masih mempertahankan adat istiadatnya dari jaman nenek moyang hingga sekarang. Disini diperbolehkan untuk mengambil foto & video.

Setelah selesai eksplorasi Desa Adat Beleq, saatnya tiba untuk menuju ke Bukit Selong. Lokasi bukit ini tidaklah jauh dari lokasi Desa Beleq. Wisatawan cukup dengan menaiki beberapa puluh anak tangga, maka akan sampai di Bukit Selong.

Dari atas bukit, dapat terlihat hamparan sawah warna – warni dengan latar belakang bukit yang sangat indah. Sungguh sayang apabila dilewatkan begitu saja. Di Bukit ini, jangan lupa untuk mengambil dokumentasi untuk mengabadikan momen anda selama berada disini.

Jika menginginkan untuk mendaki, anda dapat melanjutkan dengan mendaki bukit yang terdapat di belakangnya. Dari atas, dapat terlihat dengan jelas keadaan seputaran dari Desa Sembalun & sekitarnya.

 

Kunjungi Media Sosial Kami:
Facebook
Google Plus
Twitter

Sosial Media :