Desa Ende, Sebuah Desa Sasak di Lombok Tengah

Sekilas nama desa ini sangat asing bagi kita yang baru mendengarnya. Jika nama Ende identik dengan sebuah kota di NTT, namun kali ini Desa Ende yang kami bahas tentunya di Wilayah NTB - Lombok yang tentunya merupakan tempat tinggal dari Suku Sasak yang merupakan suku asli dari wilayah Pulau Lombok.

Lokasinya sangat dekat jika dari Bandara International Lombok, sekitar 25 menit saja anda sudah dapat menjumpai desa ini. Begitu keluar dari Pintu Keluar Bandara, anda tinggal belok kiri & mengambil arah Pantai Kuta Lombok.

Tak sulit untuk menemukan dan melihat lokasi dari Desa Ende ini, dikarenakan posisinya yang strategis di pinggir kanan dari jalan utama. Sesampainya disana, anda dapat melihat tulisan "Welcome to Sasak Village" dan anda tentu dapat berfoto disini untuk mengabadikan kenangan selama berada di Lombok.

Sesampai disana, anda dapat melihat rumah adat mereka yang beratapkan ilalang yang telah dikeringkan. Untuk sistem pernikahan, tergolong unik, dikarenakan pernikahan hanya dilakukan antar sepupu dimana mereka masih tinggal satu desa bersamaan. Hal ini disebut Kawin Lari. Untuk kawin lari, pria membawa lari calon wanitanya & setelah 3 hari baru diumumkan & tentunya akan terjadi negosiasi untuk menebus anak wanitanya.

Sosial Media :