Gendang Beleq, Alat Musik Khas Lombok

Jika traveller datang ke Lombok & mendengar ada musik yg cukup menggema, itu adalah Gendang Beleq (alat musik khas dari Lombok). Gendang Beleq biasa digunakan untuk mengiringi upacara nikah orang Lombok yang disebut Upacara Nyongkolan.

Gendang Beleq adalah nama sebuah instrumen musik, yaitu gendang berukuran panjang lebih dari satu meter yang disandang pada pundak pemain Kata Beleq dalam bahasa Sasak berarti Besar. Tari Gendang Beleq merupakan tari perang walaupun tidak ada gerak yang menunjukkan perkelahian dan tidak ada pula yang membawa senjata perang, karena garapan geraknya selalu menunjukkan watak maskulin/ sikap jantan. Tari Gendang Beleq dahulu berfungsi sebagai tari pengiring para ksatria yang akan maju ke medan perang atau menyambut para pahlawan yang pulang dari medan perang.

Satu ciri khas dari Tari Gendang Beleq ialah bahwa yang menari adalah pemain-pemain musik itu sendiri. Karena sifatnya yang atraktif, Saat ini, Gendang Beleq ini sering kali diadakan untuk mengiringi arak-arakan pengantin (atau yang biasa disebut Upacara Nyongkolan) atau arak-arakan anak yang akan dikhitan, dan untuk penyambutan tamu penting di Bandara International Lombok.


Paket Wisata Lombok

 

Gendang Beleq dimainkan secara berkelompok. Gendang Beleq terdiri dari dua kelompok Gendang Beleq yang disebut mame (laki-laki) dan gendang nine (perempuan) yang berfungsi sebagai pembawa dinamika. Juga terdiri atas sebuah Gendang Kodeq (gendang kecil), perembak belek dan perembak kodeq sebagai alat ritmis, gong dan dua buah reog, yakni reog nina dan reog mama sebagai pembawa melodi. Para pemain memainkan Gendang Beleq dengan cara sambil menari. Pemain nya berkisar antara 13 s/d 17 orang.

Gendang Beleq memiliki nilai filosofis yang terkandung didalamnya. Masyarakat Lombok menilai bahwa Gendang Beleq ini memiliki keindahan, kesabaran, kebijakan dan kepahlawanan yang diharapkan dapat menyatu dengan masyarakat Sasak khususnya.

Kunjungi Media Sosial Kami:
Facebook
Google Plus
Twitter

 

Sosial Media :