Gunung Rinjani Lombok

Gunung Rinjani merupakan salah satu tujuan trekking / pendakian di Indonesia. Diharuskan memiliki & menyiapkan fisik yang sehat dalam mendaki tempat ini. Umumnya wisatawan / trekker telah mempersiapkan diri mereka sebelum pengambil Liburan ke Lombok berupa Trekking Rinjani ini jauh hari sebelum pendakian.

 

Gunung Rinjani adalah gunung yang terletak di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gunung Rinjani merupakan Gunung Api tertinggi kedua di Indonesia setelah Gunung Kerinci di Sumatera Barat. Gunung Rinjani memiliki ketinggian 3.726 meter DPL (dari permukaan laut) ini merupakan salah satu destinasi wisata gunung favorit wisatawan untuk mendaki / trekking.

Gunung ini merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR), sekaligus pintu masuk ke Gunung Rinjani yang dikelola oleh pihak RTC (Rinjani Trekking Centre). Untuk setiap tahunnya, pendaki hanya diperbolehkan naik ke Rinjani pada bulan April s/d Desember. Untuk bulan Januari s/d Maret, pendaki dilarang naik dikarenakan Taman Nasional Gunung Rinjani sedang melakukan konservasi lahan di seputaran kawasan & cuaca seringkali hujan.

Paket Tour Lombok

Di kaki Gunung Rinjani terdapat sebuah danau yang bernama Danau Segara Anak. Dalam Bahasa Sasak, Segara artinya Laut, sedangkan Anak tetap berarti anak. Secara harfiah, artinya adalah anak laut (atau danau). Biasanya para pendaki menyempatkan diri untuk mengunjungi danau ini, bahkan kebanyakan dari mereka menginap di pinggir danau. Di sekitar pinggir danau terdapat lahan datar cukup luas yang biasa digunakan untuk kemping. Wisatawan juga dapat mencoba memancing ikan dan berendam di air panas belerang yang terdapat di dekat danau.

Selain Danau Segara Anak, daya tarik lain adalah Gunung Barujari (artinya: gunung baru jadi) yang ada tepat dibawah Gunung Rinjani. Gunung ini terbentuk akibat letusan Rinjani yang pernah terjadi di jaman dahulu.

Paket Wisata Lombok

Untuk mendaki Rinjani, terdapat dua rute yaitu melalui Senaru dan Sembalun. Untuk rute trekking, pendaki memulai dari rute Sembalun dan mengakhiri pendakian di Senaru, lokasinya yang lebih dekat. Rute Sembalun agak panjang datar dan cuaca cenderung lebih panas karena melalui padang savanna (suhu dingin tetapi radiasi matahari langsung membakar kulit). Namun untuk turunnya melalui Senaru, di sepanjang jalan harus menuruni turunan yang terjal.

Dari Rute Senaru memiliki rute tanjakan tanpa jeda, tetapi cuaca lebih bagus karena melewati hutan dan cenderung tidak panas. Untuk turunnya, dapat melalui padang savanna yang tidak terlalu terjal dan cenderung lebih ringan. Itulah mengapa kebanyakan pendaki lebih memilih rute seperti ini.

Untuk naik ke puncak Rinjani, diharuskan bangun pada subuh sekitar jam 2 pagi di Pos 3 Plawangan (tempat kemping). Setelah siap, para pendaki akan langsung naik gunung yang akan dipandu oleh guide trekking. Setibanya di puncak, moment yang ditunggu adalah matahari terbit (sunrise) yang perlahan dengan cantiknnya menyinari seluruh Pulau Lombok.

Dari puncak, kita dapat melihat pemandangan seluruh Pulau Lombok bahkan Pulau Sumbawa dan Gunung Agung di Pulau Bali. Disini kita hanya bias berfoto sekitar 1 jam saja, dikarenakan biasanya kabut langsung muncul dan dapat membahayakan apabila tidak segera turun. Pendaki akan dibawa kembali ke Pos 3 Plawangan untuk sarapan pagi. Setelah itu, akan bersiap siap untuk turun ke Sembalun Lawang.

 

Kunjungi Media Sosial Kami:
Facebook
Google Plus
Twitter

 

Sosial Media :